Selasa, 12 April 2011

Kanker

APAKAH KANKER ITU???
perkembangan kearah modernisasi menyebabkan terjadinya pergeseran jenis penyakit. kalau dulu penyakit infeksi merupakan penyebab kematian terbanyak, kini penyakit akibat usia lanjut dan proses degenerasi semakin menonjol. kematian karena penyakit jantung koroner dan stroke makin meningkat, dan penyakit tumor atau kanker merupakan salah satu penyakit degenerasi yang juga ditakuti. dikenal dua macam tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas atau disebut dengan kanker. tumor jinak tidak banyak mengganggu, dan pertumbuhannya lambat. sebaliknya tumor ganas, karena pertumbuhannya sangat cepat dan tidak terkendali, maka ia akan sangat mengganggu, dapat menyebar ke organ-organ lain, dan menyebabkan kematian.
di Amerika, ditemukan lebih dari 600.000 kasus kanker baru setiap tahunnya, atau sebanyak 1.600 orang per hari, dan satu dari lima orang Amerika meninggal karena kanker.
kanker dapat timbul di semua organ tubuh manusia seperti payudara, leher rahim, kandungan, hati, lambung, usus besar, pankreas, paru-paru, prostat, dan lain-lain. umumnya penderita kanker yang datang memeriksakan diri ke dokter sudah dalam stadium lanjut, sehingga pengobatannya menjadi sangat sulit, apalagi bila sudah menyebar (metastase).
kanker dapat diobati dengan sempurna bila penyakitnya ditemukan pada stadium dini. masalahnya adalah gejala kanker sendiri tidak nyata, keluhan penderita umumnya mirip dengan penyakit lain yang bukan keganasan, kecuali bila penyakitnya telah menjadi parah.
SIAPAKAH YANG DAPAT TERKENA KANKER???
Semua orang dapat terserang penyakit ini, tidak peduli kaya atau miskin, kulit putih atau hitam, gemuk atau kurus, laki-laki atau perempuan, tetapi umumnya kanker lebih banyak menyerang orang berusia lanjut, yaitu antara 45-64 tahun, kecuali leukimia.
telah terbukti bahwa adanya riwayat keluarga penderita kanker, seperti kanker payudara, usus besar dan kandungan, keturunnya akan mempunyai resiko tinggi untuk terkena kanker tersebut.
dalam lingkungan hidup kita di dunia modern ini, dengan adanya industrialisasi dan banyaknya makanan yang telah diproses terlebih dahulu, maka banyak sekali ditemukan zat-zat ataupun benda-benda yang berupa karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. contohnya: radiasi sinar X dan sinar ultraviolet dari matahari, zat-zat pengawet dan zat-zat pewarna, bahan-bahan kimia dari industri, seperti amin aromatik, asbes, ter (carbon hitam), asap rokok, alkohol, dan obat-obatan. begitu juga infeksi oleh virus dapat menyebabkan terjadinya kanker, seperti: virus hepatitis B dan C (kanker hati), virus papiloma (kanker leher rahim), virus Eipstein Barr (kanker nasofaring), virus sarcoma, virus AIDS, dan lain-lain.
CARA MENGHINDARI KANKER!!!
menurut National Academy of Sciences di Amerika, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kanker antara lain:
1. kurangi lemak dalam makanan
2. lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur, buah-buahan, nasi.
3. lebih banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta karoten, seperti wortel, bayam, buah-buahan yang berwarna jingga
4. kurangi rokok dan makanan yang diawetkan, diasin atau diasap, baik daging maupun ikan
5. hindari sinar matahari dengan memakai topi dan lotion pelindung matahari
6. hindari berganti-ganti pasangan seksual
7. hindari alkohol
8. perhatikan adanya perubahan yang mencurigakan di tubuh anda, seperti adanya benjolan di payudara, di kulit atau adanya perubahan seperti tahi lalat atau warna kulit, diare atau sembelit yang berkepanjangan, dan lain-lain.
9. deteksi dini kanker.

sumber: leaflet prodia

0 comments:

Posting Komentar