Minggu, 25 April 2010

Tujuh Gerakan kencangkan tubuh

Tujuh Gerakan Kencangkan Tubuh womansday.com
TUBUH didisain untuk tetap bergerak. Berhenti bergerak untuk jangka waktu lama akan membuat tubuh kehilangan mobilitasnya. Menurut pakar, sebagian besar masalah mobilitas yang muncul seiring penuaan berakar dari gaya hidup bermalas-malasan di usia  muda.

Para pakar memperkirakan bahwa menjaga kebugaran tubuh bisa menambah angka harapan hidup sebanyak dua tahun. Setiap gerakan, mulai dari menari hingga yoga termasuk kategori olahraga sehat sepanjang Anda melakukannya secara teratur. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan kencang, berikut beberapa gerakan yang bisa menjadi panduan Anda.

Kencangkan pinggang
Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut sedikit dibengkokkan. Letakkan tangan di pinggul dan jaga agar punggung tetap lurus dan bahu dilemaskan ke bawah. Lihat ke depan, bengkokkan tubuh Anda ke sisi kanan, hingga Anda merasakan peregangan di sisi kiri tubuh. Kemudian lakukan ke sisi tubuh yang lain. Ulangi masing-masing sisi 25 kali.

Ratakan perut
Cobalah berbaring terlentang, lutut ditekuk, rasakan bahwa tubuh Anda rata dengan lantai. Dukung (tapi jangan tarik) kepala Anda dengan kedua tangan dan angkat bagian atas badan dari lantai. Pada saat yang sama, keluarkan nafas kemudian tarik nafas dengan menarik serta otot-otot perut. Secara perlahan turunkan badan Anda kembali ke lantai. Ulangi 10 hingga 20 kali.

Ratakan perut
Berbaringlah terlentang dengan kedua lengan berada di sisi tubuh. Tekuk lutut Anda dan naikkan kaki Anda ke udara, silangkan kedua mata kaki. Keluarkan nafas dan tarik otot-otot perut masuk ke dalam saat Anda menggulung pinggul Anda ke arah tulang rusuk dalam sebuah gerakan kecil yang terkontrol. Tahan dan nafas. Kemudian keluarkan nafas saat Anda menggulung pinggul Anda ke bawah. Pastikan selalu menjaga agar punggung ditekan ke lantai. Ualngi 10 hinga 20 kali.

Membentuk pinggul dan kaki
Dari posisi berdiri, tarik (langkahkan) kaki kanan ke depan. Jaga agar pungung tetap lurus dan pinggul dimajukan ke depan dan tekuk kedua lutut hingga lutut kiri hampir menyentuh lantai di belakang Anda dan kaki kanan Anda membentuk sudut siku-siku. Rasakan peregangannya. Ulangi 10 hingga 15 kali.

Kencangkan paha bagian depan
Peganglah kursi sebagai alat pendukung, berdiri tegak dan putar kaki Anda dengan arah sedikit menyimpang keluar dari pinggul, sehingga lutut Anda menghadap keluar.  Naikkan kaki kanan setinggi yang Anda bisa ke depan, usahakan mencapai setinggi pinggang. Turunkan secara perlahan. Ulangi 15 hingga 20 kali di masing-masing kaki.


Kencangkan bagian dalam paha
Berbaringlah terlentang, kedua kaki ditekuk. Naikkan kedua lutut langsung di atas pinggul dan angkat kaki bawah Anda sehingga sejajar dengan lantai. Tekan punggung Anda ke lantai. Renggangkan kedua paha ke arah samping sejauh yang Anda bisa kemudian rapatkan kembali. Letakkan kedua lengan di sisi tubuh untuk menjaga keseimbangan atau  tempatkan tangan Anda di bagian dalam paha. Ulangi 15 hingga 20 kali.

Kencangkan lengan bagian depan dan sisi punggung
Duduklah di atas kursi dan tempatkan dambel seberat setengah hingga dua satu per empat kilogram di lantai dekat dengan telapak kaki kanan Anda. Bungkukkan badan dan ambilllah beban dengan tangan kanan dan angkat hingga lengan lurus dengan ketiak Anda. Jaga agar lengan merapat ke sisi tubuh. Kemudian turunkan beban secara perlahan, jangan biarkan menyentuh lantai. Ulangi dua hingga tiga kali di kedua lengan.(IK/OL-5)

0 comments:

Posting Komentar